Kamis, 12 Desember 2013

Karang Taruna Cadas 027

Bikin SKCK? di Polres? siapa takuuut!!!

Contoh Lembar SKCK
Bagi kalian yang butuh SKCK setingkat Polres, jangan takut dan ragu untuk membuatnya. Apalagi kalau kalian berhasrat jadi CPNS, atau ingin membuat paspor dan visa ke Luar Negeri, atau untuk kelengkapan melamar pekerjaan, info ini akan sangat berguna buat kalian.

PERSYARATAN PEMBUATAN SKCK (Untuk yang baru pertama kali membuat)

1. Datangi Ketua RT dan minta Surat Pengantar Membuat SKCK. RT akan memberi surat yang sudah ditanda tangan dan dicap.

2. Datangi Ketua RW, tunjukkan surat pengantar dari RT tadi. Surat itu akan ditanda tangani dan dicap ketua RW.

3. Ke Kelurahan, buat surat pengantar dari kelurahan. Siapkan:
    - Surat Pengantar RT yang diketahui RW
    - Fotokopi KTP pemohon
    - Bayar 10 ribu (Kelurahan) biasanya sih bilang ya sekedarnya aja buat administrasi,,, gitu sih kalo bilang !!!  itu si beberapa waktu yang lalu, ga tau ya kalo sekarang dan juga di kelurahan lain. Ada yang mau berbagi info?

4. Melaju ke Polres. Siap-siap untuk antri. Disarankan membuat SKCK di luar musim CPNS. Kalo terpaksa berbarengan dengan musim CPNS, dijamin antrian akan puanjaaaaanng sekali. Siapa cepat dia dapat. Polres pun penuh sesak. Percaya deh (Pengalaman pribadi, hehehe). Siapkan:
  • Surat Pengantar dari Kelurahan
  • Fotokopi KTP (sediakan 2 rangkap untuk yang belum pernah melaksanakan sidik jari)
  • Fotokopi KK
  • Foto berwarna berukuran 4 x 6 sebanyak 5 lembar (4 lembar utk SKCK, 1 lembar utk pelaksanaan sidik jari)
  • Blanko Isian (minta kepada petugas di loket pembuatan SKCK). Tata cara pengisian disediakan ditempat, termasuk mengenai bentuk wajah, dagu, hidung, telinga, bibir, dll). Jangan lupa mengingat berat badan dan tinggi badan kalian.

Semua berkas sudah siap. Tinggal melaksanakan sidik jari (perhatian: ini hanya untuk orang yang belum pernah satu kalipun membuat SKCK, baik di Polsek maupun di Polres. Sidik jari ini cukup sekali seumur hidup). Pastikan kalian menyiapkan berkas2 dahulu, soalnya kalau sidik jari duluan, dijamin tangan anda kotor belepotan, menghitam sudah sepuluh jari kalian.

Sidik jari dibuat dengan bantuan petugas. Kartu sidik jari kemudian diklip bersama dengan fotokopi KTP dan membayar 10 ribu (ini harga beberapa waktu yang lalu ya). Setelah itu, akan dibuat rumus sidik jari yang kemudian ditulis di blanko isian.

Sudah selesai dengan sidik jari? Lanjut ke loket pembuatan SKCK. Berkas yang tadi disiapkan (Surat Pengantar, FC KTP, FC KK, 4 lembar foto, blanko isian yang sudah ditulis rumus sidik jari) di kli atau di staples jadi satu. (pastikan kalian membawa klip, agar tidak tercecer). Kemudian serahkan ke petugas.

Stand banner di POLRES
Tunggu hingga anda dipanggil. Jika antrian tidak panjang, anda akan dipanggil begitu SKCK jadi. SKCK diserahkan, dan kita membayar 20 rb. 10 ribu untuk biaya pembuatan SKCK dan 10 ribu untuk legalisir sebanyak 5 lembar.

Ambil SKCK yang sudah jadi, fotokopi 5 lembar (Biasanya ada tempat fotokopi tidak jauh dari TKP). Lalu, berikan fotocopy tersebut ke loket petugas yg melakukan legalisir. Tunggu beberapa menit. Tingggal!!! Jadi deeeeeeeh ^____^

Pfiuuuhh.. berasa panjang dan lama. Kalau hari biasa, dijamin 1 hari selesai. Tidak mengantri pula. Tappiiii, jangan harap kalo musim cpns tiba, bakalan puanjaaang dan luuama. Kita pun harus senantiasa pasang telinga, jangan sampai tidak dengar ketika dipanggil.

TIPS:
  1. Hindari membuat SKCK saat musim CPNS.
  2. Mulailah dari pagi buta (dimulai dengan menyambangi rumah pak RT) atau bagusnya dari hari sebelumnya mau buat SKCK.
  3. Siapkan semua berkas yg diperlukan.
  4. Pas foto dan Fotokopi berkas yang dibutuhkan, usahakan dilebihkan 2 (buat jaga-jaga seandainya peraturan berubah, sekalian biar tidak mengantri fotokopi di TKP)
  5. Siapkan uang tak terduga, seandainya tarif berubah.
  6. Jangan lupa makan minum ya, biar ga pingsan di jalan, secara perjalanan puanjaaaaaang… hehehe :)


Wallpaper CADAS


Info lebih lanjut, kita juga ada email yang GMAIL di karangtaruna.cadas@gmail.com

Semoga bermanfaat :)

Penulis : Zayn Menthrix Kennedy

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Karang Taruna CADAS RW.027 - Powered by Karang Taruna CADAS RW.027 - Designed by Zayn Menthrix Kennedy -